Selasa, 27 Maret 2012

Memperbaiki Cat Mengelupas

   Cat dinding rumah anda mengelupas? segera perbaiki dengan cara mengecat ulang. agar hasilnya maksimal, kerjakan dalam satu waktu.

   cat dinding luar(eksterior) yang mengelupas terjadi karena perlakuan awal (pre-treatment) yang salah. karenanya, lapisan cat akhir tak dapatmelekat kuat. 

   sebenarnya anda dapat melakukan pencegahan agar cat tidak mengelupas dengan perlakuan awal sebelumnya mengecat yang benar, termasuk memilih cat yang sesuai. selain itu,  meskipun memakai cat khusus ekterior, sebaiknya memakai cat dasar agar cat akhin merekat kuat.

   cat dasar membantu serangan alkaliyang terkandung dalam campuran semen -pasir-air (material pembentuk tembok).  sebelum memberi cat dasar, dinding mesti betul-betul kering dan bersih.

perlu diperhatikan, mengecat dinding dengan satu warna sebaiknya dikerjakan dalam satu kali pekerjaan. sebelum cat terpoles diseluruh permukaan dindinng, jangan berhenti agar warna tidak berbeda.

 

 

Langkah- Langkah Pekerjaan:

 


1. Keroklah seluruh permukaan dinding yang catnya mengelupas. gunakan kape untuk mengerok.




2. Ampelaslah seluruh permukaan dinding hingga sisa cat lama terkikis habis


 

3. Bersihkan dengan lap kering, setelah itu bersihkan dengan lap basah, kemudian keringakan.  membersihkan permukaan dinding harus benar- benar bersih dari debu dan kotoran lain.


4. Sapukan cat dasar pada permukaan dinding. anda dapat melakukan dengan roller. cukup satu lapis. biarkan hingga kering 1-2 jam.

 

5. Campurkan cat ekterior dengan air sebanyak 10% dari jumlah cat aduklah hingga tercampur rata. tuangkan dalam bak untuk mengecat. celupkan roller kedalam cat, lalu gulirkan roller pada permukaan bak hingga permukaan cat tak menetes.

6. Sapukan cat pada permukaan dinding. sewaktu mengeca, gerakan catseperti membuat huruf M besar yang berderet-deret dan saling menupuk di dinding. gunkan kuaas untuk mengecat pinggir dinding atau lis. setelah lapisan pertama mengering 2-3 jam, lanjutkan mengecat lapisan yang keduadiatas lapisan pertama.