Selasa, 03 April 2012

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Menghadapi wawancara pertama bisa menyenangkan atau menegangkan. Namun kamu bisa merasa percaya diri dengan mengikuti aturan ini.

1. Jika kamu dipanggil wawancara, konfirmasikan segera bahwa kamu bisa hadir pada waktu yang ditentukan. Jika kamu tidak bisa datang sesuai jadwal, jujurlah, dan tanyakan kemungkinan untuk membuat janji di lian waktu.


2. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang perusahan itu sebelumnya sehingga kamu dapat menyesuaikan jawabanmu. Hampir semua pewancara akan menanyakan mengapa kamu bergabung dengan organisasi mereka.

Tidurlah lebih awal, dan tentukan baju yang akan dipakai sehingga kamu tidak terburu- buru dipagi hari. Tujuannya agar kelihatan cerdas, bukan keren.

3. Rencanankan datang untuk tempat waktu, dan sedikan banyak waktu agar kamu tidak terlambat- keterlambatan memberikan kesan buruk sejak awal. Namun, jika ada masalah dengan angkutan umum, pastikan kamu menelepon pewancara untuk memberi tahu mereka terlebih dahulu.

4. Jangan khawatir jika kamu merasa gugup.pewancara sudah menduga hal itu dan seseorang pewancara yang baik akan membuat kamu nyaman. duduklah jika kamu sudah dipersilakah. pagillah pewancara dengan bapak A atau ibu B.

5. Jika menjawab pertanyaan., jangan mengatakan ya atau tidak. kembangkan jawabanmu. berbicaralah dengan jelas dan pandanglah matanya. jangan lupa untuk tersenyum.

6. jangan takut bertanya. sebagian besar pewancara akan menanyakan adakah sesuatu yang ingin kamu ketahui, biasanya diakhir wawancara. jika belum diketahui dengan jelas atau kamu belum yakin, mintalah pewancara untuk mengkonfirmasi besar gaji, dan memberi tahu kamu tentang kemungkinan lembur atau kerja diakhir pekan, demikin juga dengan hari libur.

7. kamu mungkin langsung ditawar pekerjaan. jika kamu belum bisa memutuskan, mintalah waktu untuk memikirkan hal itumeskipun hanya semalam. pulanglah dan bicaralah dengan orang tua atau guru agar kamu dapat mengambil keputusan.



Published with Blogger-droid v2.0.4

Tidak ada komentar: